VC4_3IA11_57417274_TEGARADHY | SISTEM BASIS DATA 2 */**

PRETEST

DBMS memiliki peranan penting dalam Sistem basis data, untuk melakukan proteksi basis data memiliki 4 fungsi untuk proteksi basis data.

Sebutkan dan jelaskan secara singkat 4 fungsi tersebut


SECURITY DATA
Security merupakan suatu proteksi terhadap pengrusakan data dan pemakaian data oleh user yang tidak berwenang. Organisasi harus dapat mengidentifikasi masalah keamanan yang mungkin mengganggu jalan operasional basis data

INTEGRITAS DATA
Salah satu karakteristik sistem informasi yang baik adalah kemampuannya memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu. Keakuratan informasi hanya dapat diperoleh jika didukung perancangan dan implementasi database yang handal. Integrity di dalam istilah basis data berarti memeriksa keakuratan dan validasi data.

BACKUP/RECOVERY
Backup merupakan proses secara periodik yang mengambil duplikat dari database dan melakukan logging file (dan mungkin juga program) ke media penyimpanan eksternal. DBMS harus memiliki fasilitas backup dengan database recovery-nya dilanjutkan dengan kesalahannya. Dengan menyimpan pada tempat yang aman sehingga jika terjadi kesalahan pada data maka data dapat diambil dari data duplikat yang terakhir


 CONCURRENCY DATA 
Konkurensi berarti bahwa sejumlah transaksi diperkenankan untuk mengakses data yang sama dalam waktu yang sama. Hal ini seperti ini menjadi titik perhatian bagi DBMS yang mendukung multiuser. Sehingga diperlukan mekanisme pengontrolan konkurensi. Tujuannya untuk menjamin bahwa transaksi-transaksi yang konkuren tidak saling mengganggu operasi masing-masing.


POSTEST

Agar memiliki suatu keamanan yang efektif dibutuhkan kontrol yang tepat. Seorang DBA memegang peranan penting pada sistem basisdata, oleh karena itu DBA harus mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang cukup agar dapat mengatur sistem basis data. Keamanan merupakan suatu proteksi terhadap pengrusakan data dan pemakaian data oleh pemakai yang tidak berwenang.
a.  Sebutkan bentuk-bentuk akses yang secara secara sengaja dapat merusak atau merugikan pemilik basisdata
b. Untuk melindungi basis data, jelas level-level pengamanan basis data yang harus dilakukan.
c. Jelaskan bentuk-bentuk otoritas user terhadap data yang disimpan dalam table/relasi basis data
JAWAB
a. 
Pengambilan data/pembacaan data oleh user yang tidak berwenang
Pengubahan data oleh user yang tidak berwenang
Penghapusan data oleh user yang tidak berwenang
b. 
FISIKAL = Menempatkan sistem komputer pada lokasi yang aman secara fisik dari serangan yang dapat merusak.
MANUSIA = ewenang pemakai harus dilakukan dengan hati-hati untuk mengurangi kemungkinan adanya manipulasi oleh pemakai yang tidak berwenang
SISTEM OPERASI = Walaupun sistem databasenya aman, kelemahan pada sistem operasi memungkinkan pengaksesan data oleh pihak tidak berwenang, karena hampir seluruh jaringan sistem database menggunakan akses jarak jauh melalui terminal/jaringan.
SISTEM DATABASE = Beberapa pemakai yang berwenang dalam sistem database mungkin hanya boleh mengakses sebagian databasenya, yang lainnya hanya boleh melihat dan menggunakan tanpa boleh mengubahnya. Hal ini harus dapat dilakukan dalam sistem tersebut.
c.
1.       CONNECT
-        Dapat menampilkan dan merubah data
-        Membuat View dari table/ralasi yang diijinkan
-        Dapat menggunakan pernyataan ALTER, DROP TABLE, INDEX
-       Membeikan ijin kepada user lain untuk menggunakan table yang diijinkan
2.      RESOURCE
-        Merubah struktur table
-        Membuat table baru, view baru
-        Hak yang sama dengan CONNECT
3.      DBA
-        Memberikan grant dengan level privilege kepada user
-        Melakukan DROP DATABASE
-        Hak yang sama dengan RESOURCE


Komentar

Postingan populer dari blog ini

VC6_3IA11_57417274_TEGARADHY | SISTEM BASIS DATA 2 */**

VC7_3IA11_57417274_TEGARADHY | SISTEM BASIS DATA 2 */**

VC8_3IA11_57417274_TEGARADHY | SISTEM BASIS DATA 2 */**